Berenang dan Akupunktur untuk mengatasi Nyeri Pinggang

berenang dan akupunktur untuk mengatasi nyeri pinggang

Menyelami Aneka Manfaat Berenang

Untuk mendapatkan manfaat berenang, tidak didominasi oleh atlet atau perenang profesional saja. Sebenarnya berenang merupakan salah satu jenis olahraga  yang dapat dilakukan seluruh kelompok usia dengan beragam manfaat, terutama jika dilakukan secara teratur.

Berenang dapat membangun kekuatan tubuh karena untuk bergerak di dalam air, seseorang membutuhkan tenaga yang lebih kuat. Lebih mendetail, berenang sebagai olah fisik akan melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, bokong, hingga kaki.

Meningkatkan Stamina

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga berenang yang dilakukan secara rutin, yaitu:

  • Meningkatkan ketahanan sistem pernapasan dan kardiovaskuler.

Sebuah studi menyimpulkan, dalam latihan yang dilakukan secara rutin selama 12 minggu, konsumsi oksigen naik hingga 10 persen dari partisipan pria dan wanita paruh baya. Selain itu, dampak peningkatan jumlah darah yang dipompa tiap kali jantung berdenyut mencapai 18 persen, yang berarti peningkatan kekuatan.

  • Membangun massa otot.

Manfaat berenang juga dapat terlihat pada peningkatan otot lengan (trisep) hingga hampir 25 persen pada sekelompok pria dalam sebuah studi. Hasil itu diperoleh setelah dilakukan program berenang selama 8 minggu.

  • Membakar kalori.

Sekitar 500-650 kalori akan dibakar selama Anda berenang selama 1 jam, tergantung seberapa efisien aktivitas tersebut dilakukan.

  • Mencegah berbagai penyakit.

Ketika dilakukan secara teratur, berenang dapat menghalau penyakit diabetes tipe 2, stroke, dan penyakit jantung. Berdasarkan studi, berenang secara rutin juga dapat meningkatkan usia harapan hidup.

  • Membuat tubuh rileks.

Berenang dapat menjadi sarana bagi tubuh dalam mendapatkan relaksasi. Selain itu, olah fisik ini disebut-sebut dapat membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang. Sebagaimana diklaim dalam sebuah penelitian, berenang dapat menjernihkan pikiran, mendorong pemikiran positif, serta rasa percaya diri.

Lakukan Secara Bertahap

Bagi pemula, olahraga berenang harus dilakukan secara perlahan-lahan. Pelajaran awal yang perlu dipahami adalah irama dari gerakan dan pernapasan. Waktu yang disarankan bagi pemula adalah melakukan sesi berenang sekitar 10 menit. Kemudian mulai perpanjang waktu latihan hingga 30 menit. Lakukan secara rutin sebanyak 3-5 kali per minggu.Jika ada yang belum merasa nyaman memasukkan wajah ke air, maka sebagai pemula, Anda dapat terlebih dahulu berlatih dengan merendam badan hingga bagian leher atau berjalan di kedalaman kolam yang lebih dangkal. Hal ini dianggap jauh lebih baik untuk memperkuat stamina sebelum benar-benar berenang, dibandingkan berenang dengan teknik yang tidak tepat.

Yang juga harus diingat adalah selalu mengawali sesi latihan berenang dengan pemanasan dan mengakhiri dengan pendinginan.

Hasil gambar untuk swimming

Olahraga Semua Usia

Jangan malu untuk memulai pelajaran berenang, berapa pun usia Anda. Berenang merupakan olahraga yang aman dan efektif untuk segala usia dan juga cocok sebagai olahraga pada masa kehamilan. Namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda.Sebagian kolam renang memiliki kelas khusus untuk pemula yang dibantu oleh instruktur khusus. Pembelajaran tersebut dapat dilakukan secara umum atau dikelompokkan secara khusus. Misalnya kelompok anak-anak, juga ada kelompok khusus wanita, atau kelompok lanjut usia, dan lain-lain.

Selain itu, berenang juga dapat menjadi aktivitas meluangkan waktu bersama keluarga yang menyenangkan. Olahraga jenis ini juga sangat baik untuk membiasakan anak bergerak aktif dan mencegah obesitas.

Untuk mendukung sesi berenang Anda, pastikan pakaian renang yang dikenakan terasa nyaman. Bila perlu, gunakan kaca mata renang yang dapat membantu Anda terhindar dari rasa menyengat pada mata akibat klorin yang umumnya digunakan pada air di kolam renang.

Manfaat berenang akan dapat dirasakan jika dilakukan secara rutin. Jadwalkan secara khusus. Anda juga dapat membuat target sebagai motivasi atau berenang bersama teman-teman. Untuk mendapatkan manfaatnya yang lebih maksimal, Anda juga bisa bergabung bersama klub renang.

sumber : http://www.alodokter.com/menyelami-aneka-manfaat-berenang

N.B :

Berenang juga merupakan salah satu metode terapi untuk keluhan Syaraf Terjepit. Sungguh tidak kita pertanyakan lagi betapa sakitnya nyeri yang dirasakan oleh penderita Syaraf Tejepit. Betapa tidak nyamannya sensasi kesemutan yang penderita rasakan. Apalagi ketika mengendara motor dan kemudian ada lubang, Waaoow nyerinya luar biasa. Sungguh benar-benar merasa tersiksa.  

Tetapi Alhamdulillah menurut pengalaman kami, Pasien penderita Syaraf Terjepit yang menjalani tindakan Akupunktur dan atau Bekam di Rumah Sehat TRI SAKTI yang kemudian dikombinasi dengan Olahraga Berenang, Alhamdulillah penyembuhannya lebih cepat dari yang kami duga.

 

Sementara Anda menikmati artikel-artikel kami, mohon do’a Anda supaya Pelayanan Kami semakin baik dan berkualitas dari waktu ke waktu, sehingga mampu melayani masyarakat dengan semakin baik dan semakin baik dan selalu semakin baik. AAMIIN…!!

Cepat atau lambat Anda akan menyadari pentingnya Terapi Akupunktur, Bekam, dan Hipnoterapi bersama Master Terapi Tri Sakti di Klaten. Kami siap melayani kepentingan Anda dan Keluarga untuk SEHAT ALAMI.

_ untuk Informasi dan Pendaftaran atau Konsultasi silakan hubungi kami :

Zulfikar : 0857-4051-3635 (hp / wa)

Anda bisa chat kami dengan klik link WA ini :
https://api.whatsapp.com/send?phone=6285740513635

Mari silahkan datang ajak orang tua dan tetangga Anda ke tempat kami..
berikut ini lokasi Google maps nya :
https://goo.gl/maps/FkNVXmdBAvx

_Solusi Sehat Alami !! Terimakasih

Dapatkan 3 TIPS MEMILIH TEMPAT TERAPI BEKAM & AKUPUNKTUR YANG AMAN

cek halaman depan blog kami : https://akupunkturklaten.wordpress.com/

Anda juga bisa simak Website kami yang ini: https://www.MasterTerapi.com/

Tinggalkan komentar