Asam Urat dan Terapi Akupunktur untuk / pada Asam Urat

terapi akupunktur untuk asam urat di klaten
  1. Pengertian Gout (Asam Urat Berlebih)

Gout adalah suatu penyakit metabolik yang paling sering menyerang pria usia lanjut dan wanita pasca menopause. Tanda biologik utama gout ialah hiperurisemia. Jika terjadi hiperurisemia, maka plasma dan cairan ekstra seluler menjadi terlalu jenuh dengan asam urat, yang akan mengkristal dan mengakibatkan timbulnya suatu spectrum manifestasi klinik yang dapat terjadi tersendiri atau dalam bentuk kombinasi. (Fauci et al, 2012).

  1. Epidemiologi Gout (Asam Urat Berlebih)

Hiperurisemia dan gout umum dijumpai pada penduduk Filipina, Samoan, Maori, dan penduduk di daerah Pasifik Selatan lainnya. Hal tersebut diduga karena asupan makanan yang tinggi purin seperti ikan laut dan faktor genetik (Luk dan Simkin, 2005). Sementara menurut Vazquez, et al (2004), hiperurisemia terjadi pada 5-30% populasi umum, dan prevalensi dapat lebih tinggi pada beberapa kelompok etnik tertentu. Prevalensi hiperurisemia belakangan ini menunjukkan peningkatan di seluruh dunia, diduga karena peningkatan prevalensi hipertensi dan penggunaan obat-obatan.

  1. Etiologi Gout (Asam Urat Berlebih)

Hiperurisemia akibat produksi asam urat yang berlebihan diperkirakan terdapat 3 mekanisme

  1. pertama, kekurangan enzim menyebabkan kekurangan inosine monopospate (IMP) atau purine nucleotide yang mempunyai efek feedback inhibition proses biosintesis de novo.
  2. Kedua, penurunan pemakaian ulang menyebabkan peningkatan jumlah phoribosylpyrophospathase PRPP yang tidak dipergunakan. Peningkatan jumlah PRPP menyebabkan biosintesis de novo
  3. Ketiga, kekurangan enzim hypoxantine phosphoribosyltranferase HPRT menyebabkan hipoxantine tidak bisa diubah kembali menjadi IMP, sehingga terjadi peningkatan oksidasi hipoxantine menjadi asam urat. (Putra, 2009).

 

Terapi Akupunktur untuk / pada kasus Asam Urat

Doktor Hugo Kiswojo, M.Kes, Sp.Ak(K) dalam bukunya AKUPUNKTUR MEDIK menjelaskan tentang aplikasi Terapi Akupunktur untuk / pada kasus Asam Urat. Beliau menyarankan formula pengambilan titik akupunktur dilakukan pada titik setempat sendi yang terkena. untuk memperbaiki vaskularisasi setempat. Terapi akupunktur untuk / pada kasus asam urat masih perlu ditunjang dengan terapi lain.

Ditempat kami Master Terapi Tri Sakti, Terapi akupunktur untuk / pada kasus asam urat kami kombinasikan dengan terapi bekam, herbal, dan juga hipnoterapi, tergantung kebutuhan dan permintaan pasien.

Referensi :

Dr. Hugo K. (2013). Akupunktur Medik. Jakarta : Penerbit Akupunktur Indonesia

Fauci et al. (2012).Harrison manual kedokteran.jilid dua.Jakarta: charisma publishing group.

Luk, A. J. and P. A. Simkin. (2005). Epidemiology of hyperuricemia and gout. The American Journal Of Managed Care.

Karya tulis ilmiah hasil karya Luqman Prabowo, A.Md.Akp. tahun 2011

Raka Putra, Tjokorda. (2009). Hiperurisemia. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Edisi ke-5 Jilid III. Jakarta : Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2550-2559

Vazquez-Mellado, E., A. Hernandez, and R. Burgos-Vargas. (2004). Primaryprevention in rheumatology: the importance of hyperuricemia. BestPractice &Research Clinical Rheumatology. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15121034

 

Sementara Anda menikmati artikel-artikel kami, mohon do’a Anda supaya Pelayanan Kami semakin baik dan berkualitas dari waktu ke waktu, sehingga mampu melayani masyarakat dengan semakin baik dan semakin baik dan selalu semakin baik. AAMIIN…!!

Cepat atau lambat Anda akan menyadari pentingnya Terapi Akupunktur, Bekam, dan Hipnoterapi bersama Master Terapi Tri Sakti di Klaten. Kami siap melayani kepentingan Anda dan Keluarga untuk SEHAT ALAMI.

_ untuk Informasi dan Pendaftaran atau Konsultasi silakan hubungi kami :

Zulfikar : 0857-4051-3635 (hp / wa)

Anda bisa chat kami dengan klik link WA ini :
https://api.whatsapp.com/send?phone=6285740513635

Mari silahkan datang ajak orang tua dan tetangga Anda ke tempat kami..
berikut ini lokasi Google maps nya :
https://goo.gl/maps/FkNVXmdBAvx

_Solusi Sehat Alami !! Terimakasi

Tinggalkan komentar